x

Tujuh Puluh Bank Sampah Tercatat Hingga September 2020

Blitar Kota - Sabtu, (03/10/2020), keberadaan bank sampah di Kota Blitar terus menunjukkan perkembangan yang signifikan. Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar, hingga saat ini terdapat 70 bank sampah yang tersebar di Kelurahan se-Kota Blitar.

Haryono, Kepala Seksi Kemitraan Pengelolaan Sampah DLH Kota Blitar mengatakan, program bank sampah terus dimaksimalkan karena efektif untuk mengelola dan mengurai sampah dengan System Reuse, Reduce, dan Recycle (3R). Haryono menilai perkembangan sampah di Kota Blitar cukup bagus, karena penambahan rata-rata setiap tahunnya mencapai 10 bank sampah baru di tingkat RW. Penambahan ini dipengaruhi adanya kelurahan yang maju ke Kelurahan Berseri.

“Hingga saat ini, kurang lebih terdapat 70 bank sampah yang masuk dalam daftar binaan DLH Kota Blitar”, jelas Haryono.

Haryono mengatakan, untuk mendukung keberlangsungan bank sampah, DLH turut mendukung untuk menyediakan sarana prasarana mulai dari gerobak pengangkut sampah, timbangan, karung untuk nasabah bank sampah dan lain-lain. Tidak hanya itu, setiap tahun dinas setempat rutin menyelenggarakan lomba bank sampah. 6 bank sampah terbaik berhak atas uang tunai jutaan rupiah, bantuan sarana prasaran dan lainnya.

“Tahun ini lomba bank sampah tetap kami lakukan Maret 2020, sebelum ada pandemi Covid-19”, kata Haryono.

Haryono berharap, bank sampah yang saat ini ada bisa berkembang dengan baik, karena menjadi komponen penting untuk mempertahankan penghargaan Adipura yang diraih Kota Blitar 14 kali berturut-turut.  (Kir)

Share icon