x

Pemkot Blitar Dukung Penuh Ekskavasi Candi Gedog

Blitar Kota - Rabu, (07/10/2020), Pemerintah Kota Blitar terus memberikan support penuh terhadap pelaksanaan ekskavasi Candi Gedog. Apalagi temuan situs bersejarah ini berpotensi menjadi industri wisata sejarah di Kota Blitar.

Jumadi, Pjs. Walikota Blitar saat melakukan monitoring ekskavasi Candi Gedog mengatakan,  Pemerintah Kota saat ini tengah memikirkan langkah strategis pasca ekskavasi Candi Gedog. Menurut Jumadi, temuan ini menunjukkan sejarah Kota Blitar yang berkaitan dengan jaman Mataram Hindu dan Majapahit. Hal ini menguatkan daya tarik serta menambah nilai pariwisata sejarah di Kota Blitar. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Blitar akan memberikan dukungan penuh, tim BPCB untuk menemukan bangunan induk candi.

"Terkait anggaran ini masih kami bahas dengan DPRD Kota Blitar, tentu nanti akan kamu dukung penuh”, jelas Jumadi.

Sementara itu, Nugroho Harjo Lukito, Ketua Tim Ekskavasi Candi Gedog mengatakan, struktur dinding candi ditemukan pada kedalaman 1,5 meter dari permukaan tanah. Temuan ini diindikasikan sebagai pilar candi gedog. Namun tim belum bisa memastikan apakah temuan ini pilar bagian dalam atau luar candi, karena kontrusksi dinding belum menunjukkan ke arah percandian atau petirtaan candi.

“Tim ekskavasi akan membuka paving sebelah utara, barat dan timur. Kita ikuti lekukan dari struktur dinding”, kata Nugroho.

Sementara itu, ekskavasi Candi Gedog tahap ke dua dimulai tanggal 05 sampai 14 Oktober 2020. Tim BPCB terdiri dari 7 orang, dibantu 6 warga lokal. (Kir)

Share icon