x

Pelajar Di Kota Blitar Sudah Terima Kuota Internet Dari Kemendikbud RI

Blitar Kota - Selasa, (06/10/2020), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI mulai menyalurkan bantuan kuota internet bagi siswa setingkat SD hingga SMA. Bantuan kuota sebesar 35 Gb perbulan ini diberikan untuk menunjang kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akibat pandemik Covid-19. Meski penyalurannya bertahap namun sebagian siswa di Kota Blitar sudah menerima bantuan tersebut sejak akhir September 2020.

Didit Rahman Hidayat, Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar mengatakan bantuan internet itu langsung dari pusat dikirim ke ponsel masing-masing siswa. Menurut Didik sebagian siswa dan wali murid mengaku sudah menerima bantuan tersebut, namun sebagian lainnya belum. Pihaknya tidak bisa memastikan jumlahnya karena belum memonitor secara langsung. Namun berdasarkan informasi pengiriman bantuan kuota internet itu dilakukan secara bergiliran oleh pusat.

Didit mengaku pihaknya menargetkan seluruh siswa dari semua jenjang menerima bantuan kuota internet Kemendikbud. Mengingat seluruh siswa telah terdaftar di data pokok pendidikan (dapodik) sehingga dipastikan menerima kuota sebesar 35 Gb, dengan rincian 5 Gb untuk kuota internet umum dan 30 Gb kuota belajar. Kuota belajar ini khusus untuk mengakses aplikasi atau website yang telah ditunjuk Kemendikbud untuk proses mendukung pelaksanaan PJJ.

“Nantinya semua siswa akan mendapatkan kuota internet dari kemendikbud sebesar 35GB, namun untuk saat ini masih sebagian siswa yang mendapatkan bantuan kuota internet,” jelas Didit.

Sebelumnya Pemerintah Kota Blitar juga memberikan bantuan kuota internet untuk siswa SD-SMP, dengan memanfaatkan dana BOS. Besaran bantuan disesuaikan dengan kekuatan anggaran masing-masing sekolah. (Kir)

Share icon