x

Ekskavasi Candi Gedog, Tim BPCB Jawa Timur Mulai Pekan Depan

Blitar Kota - Jumat, (02/10/2020), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar akan melanjutkan ekskavasi lanjutan, usai pra ekskavasi dilakukan warga setempat beberapa waktu lalu. Berdasarkan koordinasi bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, ekskavasi lanjutan ini akan dilakukan awal Oktober 2020.

Tri Iman Prasetyono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar mengatakan, ekskavasi lanjutan ini sempat tertunda akibat Covid-19. Ekskavasi baru bisa dilaksanakan saat New Normal Covid-19 yaitu bulan Oktober 2020. Berdasarkan kesepakatan dengan BPCB Jawa Timur, ekskavasi lanjutan dilaksanakan pekan depan tanggal 05-14 Oktober 2020. Menurut Tri Iman, terdapat 5 petugas yang diterjunkan BPCB Jawa Timur untuk melakukan ekskavasi lanjutan ini, dibantu 6 warga lokal yang sebelumnya terlibat ekskavasi tahap pertama akhir tahun 2019. Selama melaksanakan ekskavasi, tim akan fokus menemukan bangunan induk Candi Gedog. Yang mana pada ekskavasi tahap pertama, tim telah menemukan pagar yang mengelilingi candi.

Nantinya untuk menyempurnakan ekskavasi, Tri Iman akan memberdayakan warga lokal yang membantu BPCB Jawa Timur. Namun pihaknya masih menunggu keputusan di P-APBD 2020. Mengingat masa kerja warga lokal akan diperpanjang.

“Kalau di Acc nanti akan kita tambah 21 hari, jadi mereka melanjutkan ekskavasi dari BPCB, yang kecil-kecil saja”, jelas Tri Iman.

Tri Iman menambahkan, karena ekskavasi berlangsung ditengah pandemi Covid-19, pihaknya juga menjalin koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Blitar terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19. (Kir)

Share icon